Game Lomba Khas '17 Agustus' Ada di Ipad - Games: Seperti yang kita ketahui Balap karung, panjat pinang, tarik tambang dan lomba makan kerupuk, umumnya hanya dilombakan saat peringatan 17 Agustusan.
Tapi kini, permainan rakyat itu dapat anda mainkan melalui game gadget berkat ciptaan dari Yosua Rendy, mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (iSTTS).
Selain dari pada tiga permainan tersebut, Rendy juga menciptakan game gebuk guling, tarik tambang, memasukkan pensil dalam botol dan balap kelereng. Game yang diberi nama 17 Agustusan ini khusus diaplikasikan untuk Ipad. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat Ipad baik dari kalangan anak muda sampai dewasa.
Berbeda halnya dengan game sejenisnya yang sudah ada dimana game pada umumnya lebih identik bermain individual, tetapi game karya Rendy ini bisa dimainkan multiplayer hingga empat orang. Hal ini akan menambah keseruan karena ada kompetisi diantara pemain.
Tujuh permainan 17 Agustusan ini dibuat dalam satu paklet game. Untuk memainkannya mereka tinggal mengklik karakter masing-masing pemain. Game ciptaan pria kelahiran 19 Agustus 1991 tak sekadar menang atau kalah, tetapi ada keunikan-keunikan yang terjadi. Seperti lomba makan kerupuk untuk permainan ini Rendy menggunakan efek bandul yang membuat kerupuk seperti diayun-ayun sehingga cukup sulit untuk bisa meraihnya. Sedangkan untuk permainan gebuk guling, Rendy sengaja memberikan tujuh kotak energi untuk masing-masing pemain. Jika dia digebuk, maka akan kehilangan satu kotak energi dan jika tujuh kotak itu hilang, maka dengan sendirinya energinya habis dan dia akan jatuh di sungai.
Utuk panjat pinang, hampir mirip dengan balap karung dimana siapa yang paling cepat dia akan menang. Hanya saja, di sini dia menambahkan pesan kerjasama antara dua pemain dalam satu tim. Kedua pemain ini harus bekerjasama untuk bisa naik di puncak pinang.
Sedangkan untuk tarik tambang, Rendy tidak menambahkan konsep yang sudah ada. Permainan ini paling sederhana karena hanya berisi dua tim yang saling tarik menarik tambang. Tim yang paling jauh menarik, dialah pemenangnya.
Keunikan dari permaianan ini terletak dari karakter masing-masing pemain. Rendy sengaja membuat karakter indonesia asli dengan pemakaian kebaya dan pakaian khas daerah serta pakaian kompeni Belanda.
Rendy butuh waktu sekitar enam bulan untuk membuat game menarik ini. Dua bulan pertama dia habiskan untuk mempelajari teknik-teknik game.
Menurut Rendy, tujuh game ciptaannya ini rencananya akan dipasarkan di appstore. Dia juga siap mengembangkan lagi, terutama untuk gadget android (tablet).